Senin, 24 Mei 2010

Nilai Saham AS Anjlok ( TUGAS BEBAS 2)

Saham-saham AS merosot, Senin (24/5), di tengah kekhawatiran baru atas krisis utang Eropa yang dipicu oleh penyelamatan bank tabungan Spanyol.

Dow Jones Industrial Average kehilangan 126,82 poin (1,24 persen) menjadi berakhir di 10.066,57. Penurunan itu memperpanjang kerugian besar pekan lalu ketika indeks blue-chip menyusut lebih dari empat persen dan sempat jatuh di bawah titik sensitif 10.000 poin. Indeks komposit Nasdaq merosot 15,49 poin (0,69 persen) menjadi 2.213,55 sementara pasar lebih luas indeks Standard & Poor’s 500 turun 14,04 poin (1,29 persen) menjadi 1.073,65.

Pasar dibuka pada catatan bearish (lesu) setelah bank sentral Spanyol akhir pekan lalu menyelamatan bank tabungan daerah CajaSur dan langkah itu membebani Spanyol keuangan publik yang sudah tegang. Penyelamatan CajaSur dilakukan karena pemerintah Spanyol memperkenalkan putaran baru langkah penghematan untuk membawa defisit publik ke sebuah batas zona euro tiga persen dari produk domestik bruto, dari 11,2 persen tahun lalu.

Bailout (dana talangan) utang tersebut memperbarui kekhawatiran zona euro yang telah menyeret pasar turun dalam beberapa pekan terakhir. "Langkah itu memicu putaran lain kekhawatiran mengenai kesehatan sistem keuangan di negara itu meskipun ada rencana penyelamatan besar Uni Eropa/IMF," kata Frederic Dickson, kepala analis pasar di DA Davidson & Co.

"Investor akan terus mengikuti opera sabun yang berlangsung di Eropa dan pergerakan euro dalam menanggapi perubahan harapan investor tentang bagaimana situasi utang habis di Yunani, Portugal, dan Spanyol," katanya.

Wall Street menerima dorongan sementara Senin ketika data industri menunjukkan lompatan dalam penjualan rumah (existing-home) di AS. Hal ini mengurangi kerugian oleh aksi lepas tengah hari, tapi aksi jual belakangan di tengah kekhawatiran terhadap Eropa menarik saham turun.

"Peningkatan yang solid dalam penjualan rumah yang telah ada membantu memperbaiki beberapa kerusakan dalam perdagangan pagi, tapi sentimen tampaknya masih berhati-hati di tengah latar belakang krisis utang zona euro, diperburuk oleh bailout pemerintah akhir pekan untuk bank daerah Spanyol," kata analis di Charles Schwab & Co.

National Association of Realtors (NAR) mengatakan penjualan rumah yang telah ada meningkat sebesar 7,6 persen ke tingkat tahunan yang disesuaikan berkala 5.770.000 unit pada April, dari revisi naik 5.360.000 pada Maret.


SUMBER : KOMPAS.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar